Kamis, 15 Desember 2011

Membandingkan Kualitas Bahasa yang Digunakan Dua Jenis Surat Kabar

1.      Warta Kota

Minggu, 27 November 2011 | 12:04 WIB
Jembatan Kukar Ambruk dalam Hitungan Detik
Runtuhnya jembatan Mahakam 2 di Kalimantan Timur terjadi dalam hitungan detik. Itulah pengakuan dari para  korban selamat yang dirawat di Rumah Sakit AM Parikesit Tenggarong. Mereka  mengatakan, bahwa kejadian runtuhnya jembatan Kukar tak terdeteksi sebelumnya. Tiba-tiba jembatan bergoyang dan runtuh," katanya..

Padahal, kata para korban, saat kejadian jembatan sedang diperbaiki. Salah seorang korban, Syahrini mengatakan, saat kejadian dia tengah mengendarai mobil.. Saat itu, kata dia, kendaraan di tengah hingga pinggir jembatan penuh karena harus bergantian lewat. “Saat itu saya mau ganti oli di Tenggarong Seberang, "  ujarnya.

Di saat antrean berjajar mobil dan sepeda motor itulah, jembatan miring. Hanya dalam hitungan detik, jembatan ambruk. "Begitu jembatan ambruk saya tercebur, hanya saja teman saya, Taufik belum ada kabarnya," kata Syakrani.

Pada saat kejadian ia berada dalam antrean tepatnya di tengah jembatan. Ia bersama Taufik membawa galon isi ulang dari Tenggarong menuju Samarinda. Hanya saja di tengah jembatan terhenti karena macet.

"Bilang ada pergantian baut jembatan, kalau ada perbaikan kenapa tak ditutup saja," katanya.

Terpisah, salah satu pekerja mengaku saat itu dirinya hanya bertugas membantu memasang alat prisma. Kemudian, dirinya berdiri di sisi jembatan sebelah kanan dari arah Tenggarong menuju Samarinda.

”Saat itu saya tidak terlalu memperhatikan kondisi jalan, karena saya bekerja dibalik sisi sebelah jembatan. Selang beberapa lama kemudian, saya hanya sempat melihat jembatan miring sebelum runtuh,” ujar warga Samarinda ini.

Ketika melihat jembatan sudah runtuh, ungkapnya, dirinya langsung melompat ke trotoar jembatan saat jembatan sudah ambruk. ”

Waktu itu saya sempat terguling di aspal, tapi tangan saya tersangkut di pipa pembatas jembatan sehingga saya tidak masuk ke sungai. Ketika saya melihat ke bawah, saya melihat jembatan sudah merapat dengan tanah kemudian saya melompat,” ucapnya. 

1.      Kompas

Jembatan Kukar Runtuh dalam Hitungan 30 Detik
| I Made Asdhiana | Sabtu, 26 November 2011 | 17:18 WIB
1.      Kompas

Jembatan Kukar Runtuh dalam Hitungan 30 Detik
| I Made Asdhiana | Sabtu, 26 November 2011 | 17:18 WIB

Jembatan Kutai Kartanegara di atas Sungai Mahakam, Tenggarong, Kalimantan Timur, Sabtu (26/11/2011) sekitar pukul 16.00 WIB.
TENGGARONG, KOMPAS.com — Runtuhnya Jembatan Mahakam II di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Sabtu (26/11/2011), begitu mengejutkan. Hanya dalam hitungan detik jembatan ini ambruk tiba-tiba.

"Runtuhnya dalam hitungan 30 detik. Tak lama setelah kami, melintas seketika itu jembatan ambruk," jelas Amar, seorang warga Tenggarong.
Amar menjelaskan, peristiwa ini terjadi pada pukul 16.30 Wita. Diperkirakan banyak korban berjatuhan. Saat jembatan ambruk, banyak kendaraan yang melintas dan berhenti di jembatan tersebut.
Korban yang meninggal dunia sebanyak 4 orang,luka-luka 40 orang,dan kendaraan tercebur roda empat 10 kendaraan dan roda dua 15 kendaraan.

Empat korban tewas adalah Alisia (6 bulan) asal Loa Kulu,M Fairus (19) warga Jalan Danau Aji Tenggarong, Agus (25) warga Gang Wakaf Tenggarong,dan Fadlan (17) warga Loa Kulu. Korban tewas telah dibawa pulang oleh keluarganya. Dari 39 korban luka, hanya 10 orang yang menjalani rawat inap di RS Parikesit, Tenggarong.

Satu orang dipindahkan ke RS AW Syahrani.Pasien rawat ini rata-rata mengalami patah tulang di lengan, kaki, dan tangan, lecet-lecet, serta cedera di bagian kepala. syarifuddin/ krisiandi sacawisastra  
 

Perbandingan Kualitas Bahasa

Ukuran Kualitas Bahasa
Warta Kota
Kompas
EYD
**
***
Kosakata
**
**
Kalimat Efektif
**
***
Kualitas berita
**
***

Keterangan :
*          : Buruk
**        : Cukup
***      : Baik

Uraian Perbandingan :
EYD :
-          Warta Kota : Ada sebuah kalimat yang seharusnya dalam EYD penulisan angka menggunakan angka romawi ,tetapi ditulis mnggunakan anka biasa seperti :
-          Runtuhnya jembatan Mahakam 2 di Kalimantan Timur terjadi dalam hitungan    
Detik .(seharusnya Jembatan Mahakam II ).

-          Kompas : Dalam artikel ini, tidak ditemukan kesalahan penulisan EYD dalam surat
      kabar.

Kosakata :
-          Warta kota : Ada beberapa kata tidak baku yang digunakan dalam artikel ini,
      diantaranya :
- Jembatan Kukar Ambruk dalam Hitungan Detik (ambruk seharusnya runtuh)
- Saat itu saya mau ganti oli di Tenggarong Seberang (mau seharusnya ingin)
-          Kompas : Dalam arikel ini ada satu kata  tidak baku yang digunakan yaitu : Saat         jembatan ambruk, banyak kendaraan yang melintas dan berhenti di jembatan tersebut (ambruk seharusnya runtuh)

Kaliamat Efektif :
-          Warta kota : Dalam artikel peristiwa runtuhnya jembatan kukar, ada beberapa kalimat yang dimuat dalam surat kabar ini yang tidak efektif seperti :
-          Begitu jembatan ambruk saya tercebur, hanya saja teman saya, Taufik belum ada kabarnya (seharusnya bila sudah menggunakan kata “hanya”, tidak perlu ditambahakan kata “saja”)
-          Isi artikel ini juga terkesan bertele-tele, tidak memaparkan akibat kejadian runtuhnya jembatan kukar, melainkan memaparkan tanggapan warga mengenai peristiwa runtuhnya jembatan tersebut.

-     Kompas : Bahasa yang digunakan dalam artikel ini sudah efektif,dan tidak terkesan
       bertele-tele.

Kualitas Berita :
-          Warta Kota : Dalam penyampaian berita, surat kabar ini hanya menginformasikan tentang kejadian singkat terjadinya peristiwa  runtuhnya jembatan kukar serta tanggapan warga mengenai kejadian peristiwa tersebut. Namun tidak menginformasikan berapa jumlah korban yang terlibat akibat peristiwa itu. Padahal dalam berita bencana, informasi jumlah  korban merupakan salah satu bagian yang penting.

-    Kompas : Surat kabar ini menginformasikan dengan singkat tentang peristiwa   
  runtuhnya jembatan kukar dan tanggapan warga sekitar yang pada saat itu ada dilokasi dan melihat kejadian itu. Serta menginformasikan adanya beberapa korban yang meninggal dunia dan korban yang dirawat inap akibat peristiwa tersebut.
 





0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar