Minggu, 14 Oktober 2012

Operasi Katarak Gratis di JEC Kedoya


 

Rabu, 3 Oktober 2012 | 16:56 WIB






  



 Ilustrasi operasi katarak


JAKARTA, KOMPAS.com - Dentingan musik klasik dari sebuah piano di lobi mengisi lengangnya lantai dasar JEC Kedoya. Di lantai tujuh  gedung  tersebut, sudah berkumpul sekitar 20 orang yang duduk  menunggu sanak-familinya mendapat giliran atau bahkan sedang menjalani operasi katarak secara gratis.
Acara ini diadakan untuk menyambut Hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day) yang jatuh pada bulan Oktober. Dimulai sejak Selasa (2/10/2012) kemarin hingga Jumat (5/10/2012), operasi katarak gratis ini adalah salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) JEC yang dilakukan secara rutin setiap tahun.

Pesertanya adalah masyarakat kurang mampu yang berdomisili di wilayah Kedoya dan sekitarnya. Selama empat hari itu, sejumlah 70 pasien tidak mampu akan menerima operasi katarak gratis.

Corporate social responsibility sudah menjadi bagian kami sejak JEC berdiri dan menjadi tradisi sejak 28 tahun yang lalu”, ucap Presiden Direktur PT. NSD/JEC Korporat Darwan M. Purba saat ditemui di JEC Kedoya, Rabu (3/10/2012).

Program CSR ini merupakan bentuk dukungan JEC terhadap gerakan ‘MATA HATI’ yang peduli terhadap kesehatan mata.

WHO (Badan Kesehatan Dunia) memiliki data bahwa sebanyak 1.5 persen dari populasi di Indonesia mengalami kebutaan, dengan katarak (gangguan pada lensa mata) sebagai momok utama.

Ketua CSR JEC, dr. Setiyo Budi Riyanto, SpM turut menambahkan bahwa Indonesia menempati peringkat ketiga dunia dan peringkat pertama di Asia Tenggara dalam hal jumlah penderita katarak.
Teknologi yang dipakai dalam operasi katarak gratis ini adalah bedah laser tanpa pisau (bladeless laser cataract surgery) yang mampu menghilangkan katarak dengan luka infeksi lebih kecil dibanding teknologi operasi katarak konvensional. Teknologi ini diklaim dr. Purba sebagai yang saat ini tercanggih di Indonesia, dan belum hadir di JEC cabang lainnya.

Jakarta Eye Center sudah berdiri sejak tahun 1984. Cabang Kedoya adalah yang paling baru, melengkapi 4 cabang lainnya yang masing-masing terletak di Menteng, Cibinong, Banjarmasin, dan Surakarta.

Sumber : Kompas.com

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar